Tuesday, April 3, 2018

Aneh, Orang Cirebon Sebut Semua Senjata Laras Panjang Dengan Sebutan BREN, Inilah Asal-usulnya

Yang unik dari orang Cirebon itu adalah bahsanya, kadang setiap kata bahasa Cirebon yang dimunculkan mengandurng sejarahnya tersendiri. Seperti dalam kasus ini, orang Cirebon ternyata menyebut senjata laras panjang, dengan sebutan BREN. Penyebutan ini masih berlangsung hingga kini, terutama orang-orang tua di Cirebon, bahkan menular juga pada yang muda-muda. “Awas-awas ana Tentara Nggawa Bren” (Awas-awas ada tentara bawa senjata laras panjang),  begitu ungkapan orang-orang Cirebon ketika melihat tentara sendang menenteng senjata laras panjang.
Pada prakteknya tentara itu bawa senjata laras panjang dengan merek atau nama tertentu seperti SS2 Buatan Indonesia AK 47 Buatan Rusia dan lain sebagainya. Tapi begitulah orang Cirebon menyamaratakan senjata laras panjang dengan sebutan BREN, bahkan kosa kata ini juga berlaku juga diluar Cirebon, seperti di Indramayu misalnya. Kamu mesti bertanya-tanya, kenapa bisa begitu ya….? Nah beginilah asal-usulnya.

Bren sebenarnya adalah nama  senjata yang masuk dalam kategori atau seri senapan mesin ringan atau atau disingkat dengan (SMR), senjata ini merupakan senjata buatan Inggris, yang dibuat pada tahun 1930. Senjata ini sangat populer pada masa perang dunia II. Dan merupakan salah satu senjata yang efektif dizamanya. Dan sebagaimana diketahui dalam perang Dunia Dua inggris tercatat mengalahkan Jepang dan sekutunya, dan diketahui juga bahwa sekutu yang diketuai Inggris itu pernah datang ke Indonesia untuk melucuti tentara Jepang. Pamor Bren dimata rakyat Cirebon ini rupanya begitu mengagumkan, sehingga pada nantinya orang Cirebon kebablsan dalam menamai, sehingga setiap senjata laras panjang disebut dengan Bren.
Selain senjata ini terkenal sebagai senjatanya Sekutu, Bren juga ternyata pernah dipakai oleh Tentara Indonesia maupun Malaysia dalam peristiwa Konfrontasi (perang) Indonesia Vs Malaysia. Oleh sebab itulah maka tidak mengherankan senjata laras panjang ini begitu terkenal dimata masarakat. Khususnya masyarakat Cirebon, dan Mungkin orang Indonesia pada umumnya. Begitulah asal-usul kenapa orang Cirebon menamai setiap senjata laras panjang dengan sebutan Bren. Kebablasan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aneh, Orang Cirebon Sebut Semua Senjata Laras Panjang Dengan Sebutan BREN, Inilah Asal-usulnya

0 comments:

Post a Comment